Minggu, 30 November 2014

Evaluasi Pelatihan

Minggu lalu, tepatnya pada hari Senin, 24 November 2014 perkuliahan Manajemen Diklat kembali dilaksanakan, namun pada pertemuan tersebut dosen kami berhalangan hadir. Seperti pada biasanya kami berdiskusi dengan kelompok masing-masing. materi yang dibahas yaitu Evaluasi Pelatihan. Berikut review dari pada materi tersebut.

Evaluasi Pelatihan
Menurut Newby (Tovey, 1996 dalam Irianto Yusuf) makna evaluasi pelatihan yaitu bahwa perhatian utama evaluasi dipusatkan pada efektivitas pelatihan. Efektifitas berkaitan dengan sampai sejauh manakah program pelatihan SDM diputuskan sebagai tujuan yang harus dicapai, karena efektifitas menjadi masalah serius dalam kegiatan evaluasi pelatihan.

Model Evaluasi Pendidikan dan Pelatihan
Kirkpatrick memperkenalkan model “The four levels” dalam melakukan evaluasi pelatihan yaitu:
Level 1 – Reaksi: mengukur bagaimana peserta pelatihan bereaksi terhadap program pelatihan
Level 2 – Pembelajaran: mengukur bagaimana peserta pelatihan menerima kegiatan pembelajaran, apakah peserta telah berubah pengetahuan, ketrampilan dan prilakunya
Level 3 – Prilaku: mengukur bagaimana peserta pelatihan telah berubah prilakunya akibat dari program pelatihan yang diikutinya
Level 4 – Hasil: mengukur apa hasil yang diperoleh, karena peserta pelatihan mengikuti program pelatihan, misalnya meningkatnya produktifitas dan lainnya

Teknik dan Metode Evaluasi Pelatihan
1.   Benefit Cost Analysis
2. Four-Level Framework dari Kirkpatrick
3.  Five-Level ROI Framework dari Jack J Phillips
4. Five Level of Evaluations dari Kaufman
5. CIRO
6. CIPP
7.  Model of Evaluation Knowledge & Skills dari Marshal & Schriver
8. Business Impact ISD Model dari Indiana University
9.  Success Case Evaluation
10. Utility analysis
            11. Integral Framework dari Brown & Reed
            12. Balanced Scorecard

Pada umumnya evaluasi diklat tidak dapat dilakukan hanya sekali saja, praktik yang terbaik adalah dengan melakukan beberapa kali evaluasi diklat. Hasil evaluasi diklat perlu ditindaklanjuti, dan selanjutnya dilakukan evaluasi diklat kembali untuk melakukan analisis dan evaluasi diklat selanjutnya dengan memperhatikan data dan hasil analisis evaluasi diklat sebelumnya.
Berikut adalah proses pelaksanaan evaluasi diklat dengan menggunakan model ROI process dari Jack L. Phillips seperti pada gambar ROI di atas, Pelaksanaan evaluasi diklat dapat dilakukan dalam empat tahapan utama:
a. Perencanaan Evaluasi
b. Pengumpulan Data
c. Analisis
d. Pelaporan ( data umum program diklat, evaluasi hasil diklat, kesimpulan dan tindak lanjut)


demikian report perkuliahannya semoga bermanfaatJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar